11 Feb 2021

BANTU ATASI LIMBAH RUMAH TANGGA, KELOMPOK 27 KKN UNITRI ADAKAN PELATIHAN KOMPOSTER

Malang – Bantu masyarakat sekitar memanfaatkan limbah rumah tangga terutama limbah organic dapur, Kelompok 27 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang mengadakan kegiatan pelatihan komposter di sekitar wilayah RT 02 RW 06 Merjosari Malang. Mereka mencoba memanfaatkan limbah rumah tangga untuk dijadikan pupuk kompos yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal ini diungkap Ketua Koordinator Kelompok 27 KKN UNITRI, David Vilio Arvion. Menurut survey yang dilakukan kelompok, masyarakat sekitar sudah pernah mendapatkan pelatihan dari beberapa mahasiswa lain. Tetapi belum pernah langsung melakukan praktek membuat pupuk. Karenanya, kelompok 27 melanjutkan dengan mengundang dosen dan mahasiswa untuk melakukan praktikum langsung.

“Jadi alasan kami melakukan pelatihan komposter karena saat kami survei disana, desa itu memang sering membuat pupuk kompas, tetapi selama ini belum ada yang mempraktekkan langsung seperti pelatihan yang kami lakukan” tuturnya.

Dibantu oleh dosen UNITRI, Dr. Yuni Eka Fajarwati, S.T., M.Pd, M. Sa’dillah S.Pd., M.T. dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 27 KKN UNITRI, Rifky Aldila Primasworo, ST., MT, pelatihan komposter mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat. Meskipun ada beberapa kendala yang dialami, pelatihan berjalan baik hingga akhir.

“Kendalanya kami kesulitan mencari bahan limbah rumah tangga. Tetapi syukurlah semangat ibu-ibu dan masyarakat sekitar baik dan membantu kami.”

Dalam kegiatan KKN ini, kelompok 27 terbagi dalam 2 program kerja sehingga kelompok juga membagi tim menjadi dua bagian. Kelompok pertama bertugas membantu pelatihan yang diikuti sekitar 16 orang tersebut. Sedangkan kelompok kedua bertugas untuk menyiapkan program kerja Pembuatan Gapura Ikon ucapan selamat datang di wilayah RW 06.

“Untuk pembuatan ikon selamat datang karena berkaitan dengan kegiatan kampung yang ingin membranding kampung sebagai kampung Arbei. Karenanya kami membantu melakukan penataan dan menghias gapura dengan ikon Arbei.”Tutupnya. (HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *