22 Feb 2021

EDUKASI MASYARAKAT DI DESA SIDOREJO, KELOMPOK 12 KKN UNITRI JALANKAN BEBERAPA PROGRAM

Malang- Karena pandemic Covid-19, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilakukan secara tematik di masyarakat. Seperti yang dilakukan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI). Perguruan tinggi ini menerjunkan mahasiswa KKN ke wilayah yang sesuai pilihan masing-masing kelompok, namun jumlah anggotanya dikurangi untuk menjaga agar tidak terjadi kerumunan. Merekapun melaksanakan program kerja yang berhubungan dengan pencegahan penyebaran Covid-19 sebagai edukasi Kesehatan di masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh kelompok 12 di desa Sidorejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang yang beranggotakan 22 orang. Opsi yang ditawarkan meliputi, program pencegahan Covid-19 seperti edukasi Kesehatan masyarakat yaitu pembagian masker dan penyediaan tempat cuci tangan di salah satu tempat wisata serta bakti sosial yakni pembersihan taman di sebuah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hal itu disampaikan oleh ketua koordinator KKN kelompok 12 Kornelis Aprianto Tamur.

“Jadi untuk prokernya kami kemarin terbagi beberapa bagian yaitu pembagian masker, pembuatan tempat cuci tangan di tempat wisata Dwi Sri, pembersihan taman di sebuah PAUD yang ada disana”ungkapnya.

Adapun metode pelaksanaannya, sebelum turun KKN mahasiswa terlebih dahulu melakukan survei lokasi. Kemudian masing-masing anggota kelompok memiliki perannya sesuai bidang atau jurusan masing-masing.

“Kami membagi tugas dimana teman-teman yang jurusannya di bagian kesehatan mereka yang melakukan sosialisasi dan pembagian masker dan di bantu juga oleh teman dari jurusan lain, dan ada beberapa teman yang jurusan Teknik Sipil, Landscape, pertanian kita yang melakukan desain ulang taman” ucap Aprianto.

Sementara itu, respon masyarakat sekitar sangat senang sekali dan merasa bangga. Terdapat 150 paket masker dan 1 buah tempat mencuci tangan yang diberikan dengan harapan hal tersebut membawa manfaat bagi banyak orang terutama warga disana. (HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *