25 Sep 2018

PSLH UNITRI BERIKAN BANTUAN 1000 BIBIT POHON JERUK KE RW.09 JOYOGRAND MALANG

Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang, memfasilitasi pemberian bantuan 1000 bibit pohon jeruk kepada RW.09 Perumahan Joyogrand Kecamatan Lowokwaru Kelurahan Merjosari, Selasa (25/9) di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) kota Batu.

Acara ini termasuk dalam program PSLH dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat yang bekerjasama dengan Balitjestro kota Batu.

Kepala PSLH Unitri, Dr Sri Handayani mengatakan, tujuan acra ini diselenggarakan untuk Pengabdian kepada warga RW.09 Perumahan Joyogrand merupakan adanya permintaan dari warga untuk bantuan bibit tanaman. Selain itu, PSLH yang telah bekerjasama dengan Balitjestro memberikan bantuan berupa bibit jeruk keprok dengan empat varietas yang siap untuk ditanam.

“Hari ini kami memberikan bibit pohon jeruk keprok dengan empat varietas yakni diantaranya: 300 pohon jeruk keprok Selayar, 126 pohon jeruk keprok Gayo, 300 pohon jeruk keprok Borneo Prima, dan 107 pohon jeruk keprok RGL. Semuanya sudah dalam usia yang cukup untuk ditanam dan dipelihara.” Ungkapnya kepada Humas.

Sementara itu, selain pemberian bibit pohon jeruk, sebanyak 15 perwakilan warga RW. 09 Perumahan Joyogrand mengikuti penyuluhan tanaman buah dalam pot (Tabulampot) Jeruk di Balitjestro dan mengikuti praktikum langsung cara melakukan tabulampot di KP Punten, Batu.

Perwakilan RW. 09 Perumahan Joyogrand, Dr Dian Noorvy Khaerudin ST.,MT mengatakan pemberian bantuan bibit pohon jeruk tersebut sangat membantu program ibu PKK di RW.09 Perumahan Joyogrand Malang.

“Kami ingin memberdayakan kelompok lingkungan PKK yang tidak hanya menjadi wadah bertukar masalah ekonomi, tetapi juga dalam menyalurkan minat ibu PKK di bidang lingkungan. Selain itu, bibit pohon ini akan kami manfaatkan untuk menciptakan Kampung Pelangi di Lingkungan RW.09 sesuai dengan program Pemerintah Kota Malang untuk memanfaatkan lingkungan dan lahan sempit di sekitar rumah.”

Seperti diketahui, lingkungan RW. 09 adalah Perumahan Joyogrand kecamatan Lowokwaru Kelurahan Merjosari menerima sebanyak kurang lebih 1000 bibit pohon jeruk dari PSLH UNITRI. Rencananya, Minggu (30/9) Warga akan melakukan penanaman bibit pohon secara serentak di lingkungan RW.09 di saksikan oleh pejabat kelurahan Merjosari Malang. (Humas-Unitri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *