14 Jan 2021

PUSAT STUDI KEDAULATAN PANGAN DAN LINGKUNGAN HIDUP UNITRI GELAR PENGHIJAUAN DAN EDUKASI PETANI JERUK

MALANG – Pusat Studi Kedaulatan Pangan dan Lingkungan Hidup Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang gelar kegiatan Penghijauan dan Edukasi Petani Jeruk, Sabtu (9/1) di Desa Sumbersekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Dalam pengabdian tersebut, Pusat studi menyumbangkan ribuan bibit pohon buah-buahan untuk warga setempat.

Kepala Pusat Studi Kedaulatan Pangan dan Lingkungan Hidup Unitri, Zainol Arifin, SP., MP menegaskan, selain untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menunjang ekonomi warga setempat, kegiatan yang mengambil tema penghijauan sebagai Kawasan penyangga Das Brantas ini juga diharapkan mampu membantu pelestarian lingkungan sekitar. Karenanya, tim tidak hanya melakukan penghijauan, tetapi juga memberikan edukasi bagaimana cara menanam pohon yang baik dan benar.

“Karena warga di desa banyak komoditas petani jeruk, jadi kita latih mereka untuk menanam jeruk yang benar serta mengelola dan memanajemen dengan baik.” Ungkap beliau.

Seperti diketahui, Desa Sumbersekar memiliki potensi lahan yang subur dan produktif tetapi selama ini masih belum maksimal dimanfaatkan. Selain edukasi, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyelamatan mata air setempat.

“Sebagai bagian dari antisipasi kami menyelamatkan debit air tanah dan apa yang kami lakukan untuk masa depan, kami akan melakukan monitoring dan evaluasi sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini.” Tambah Zainol kepada wartawan.

Kegiatan perdana yang dilakukan Pusat Studi Kedaulatan Pangan dan Lingkungan Hidup Unitri di tahun 2021 ini juga bekerjasama dengan instansi pemerintahan di Malang Raya. Zainol menargetkan, setelah ini, program akan semakin terintegrasi dengan banyak program studi di internal Unitri, sehingga dosen dan mahasiswa Unitri bisa melakukan pengembangan di desa ini.

Dalam kegiatan ini, Pusat Studi Kedaulatan Pangan dan Lingkungan Hidup juga didampingi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Selain membagikan bibit jeruk, bibit lain yang disalurkan yakni berupa pohon Nangka, sirsak, alpukat, dan palem. Harapannya, suatu hari nanti estetika sebagai desa penghasil buah-buahan akan muncul di Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Kegiatan ini juga ditandai dengan Kerjasama antara LPPM dengan Desa Sumbersekar terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti diantaranya program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa dan penelitian dosen. (HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *