Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat  (LPPM) Universitas Tribhuwana Tunggadewi adalah lembaga pelaksana terdepan dalam pengembangan dibidang  Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat pada lingkup Universitas Tribhuwana Tunggadewi pada khususnya dan bagi seluruh civitas akademika pada umumnya. Lembaga ini dituntut untuk berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengabdian kepada masyarakat  yang pada akhirnya merupakan upaya dalam menyelesaikan dan mengatasi permasalahan masyarakat. LPPM sebagai salah satu institusi bagian dari Universitas Tribhuwana Tunggadewi, harus sejalan dan memberikan dukungan tercapainya arah pengembangan  yang  telah ditetapkan. Dukungan  yang diberikan oleh  LPPM  sebagai institusi  yang melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat maka  LPPM  harus menghasilkan penelitian sesuai prioritas nasional, menjamin pengembangan penelitian unggulan, meningkatkan standar mutu penelitian  yang relevan bagi masyarakat,  meningkatkan karya dosen di dalam jurnal baik lokal, nasional terutama internasional, demikian juga pengabdian kepada masyarakat harus mampu menciptakan inovasi teknologi tepatguna bagi masyarakat.

LPPM Unitri di bentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Tribhuawana Tunggadewi, nomor:  010/TB-DL.110/2000 lembaga penelitian ini diberi nama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tribhuwana Tunggadewi.  LPPM telah memfasilitasi Universitas bekerjasama dengan lembaga, institusi dan instansi baik  di dalam maupun luar negeri untuk merealisasikan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  yang  bersifat  fundamental, adaptif-inovatif-kolaboratif serta transformative.

 

Kepemimpinan pada LPPM Unitri dari tahun 2000 sampai dengan sekarang adalah:

  • Dr. Ir. Amir Hamzah, MP  2001-2007
  • Dr. Ir. Widowati, MP 2007-2010
  • Ir. TaufikIskandar, MAP 2010-2011
  • Dr. B. Prihatminingtyas, SE., MAB  2011-2015
  • Dr. Ir. EkoMarhaeniyanto, MP  2015-sekarang

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Tribhuwana Tunggadewi merupakan gabungan dari bagian Penelitian, bagian Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama dan dalam perkembangan terakhir  gabungan dari 5 Pusat studi dan Penerbitan di Lingkungan Universitas Tribhuwana Tunggadewi . Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Saat itu lembaga ini berusaha untuk bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan Kopertis. Kegiatan penelitian dilingkungan UNITRI bersifat fundamental, adaptif-inovatif-kolaboratif serta penyesejahteraan masyarakat dan memprioritas pada 5 aspek yaitu :

  1. Teknologi Tepat Guna dan Energi,
  2. Kedaulatan Pangan dan Kesehatan Keluarga,
  3. Wawasan Kebangsaan,
  4. Lingkungan Hidup serta
  5. Wirausaha dan UMKM.